Forum Vespa Indonesia

Indahnya saling berbagi informasi antar Vespa mania Indonesia
 
IndeksPortalPendaftaranLogin

Share | 
 

 Belajar Karburator Mikuni

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage

AB6441DB


Jumlah posting : 159
Join date : 14.04.12
Age : 33
Lokasi : Yogyakarta

PostSubyek: Belajar Karburator Mikuni   21st May 2012, 11:25

Tunggangan kesayangan saya selalu banjir bensinnya, sudah ganti satu set pelampung baru sampai 3x dalam 2 tahun masih saja kambuh penyakit lamanya. Alhasil saya sekarang mencoba karbu jepangan, mencoba peruntungan untuk mengobati banjir.

Karbu Jepang yang dipilih adalah karbu RX-King yg sudah lazim digunakan. Dipadukan dengan intake manifold buatan Mas Narwan. Website Mas Narwan bisa dilihat di sini >>>NARWAN<<<, jika ada yang tertarik membuat manifold.

Karbu Mikuni ini ternyata sulit juga settingnya, perlu waktu hampir seminggu untuk mendapatkan settingan yang pas [maklum cuma coba-coba, trial and error]. Sampai sekarang pun saya rasa settingannya belum benar-benar pas, walaupun busi sudah kering dan tarikan bawah sudah enak.

Main jet dan pilot jet standar bawaan RX-King [150 dan 22,5] tenyata terlalu besar buat vespa saya. Alhasil campuran bensin yang masuk ke ruang bakar terlalu kaya, dan busi pun tidak mampu membakarnya. Dengan catatan, inlet intake vespa dan pengapian vespa saya masih standar. Main jet saya coba turunkan ke 130, mesin bisa dinyalakan, tetapi memasuki RPM menengah ke atas pengapian mulai kewalahan, mesin pun batuk-batuk.

Settingan spuyer yang saya gunakan saat ini adalah 120, 17. Mesin sudah bisa "teriak" di putaran menengah ke atas, dan busi pun sudah kering. Kekurangan yang masih dirasakan, tarikannya belum se-spontan karbu Del Orto standar, nafas mesin terasa panjang. Tapi mungkin juga itu karena inlet intake dan pengapian yang masih standar.

Overall, saat ini apabila karburator standar saya tidak selalu banjir, maka saya masih akan menggunakan karburator itu. Toh diluar nilai positif karburator Mikuni yang bebas banjir [untuk saat ini], saya belum bisa menemukan nilai lebih lainnya. Tarikan karburator standar masih lebih enak daripada karbu Mikuni. Dengan catatan, motor ini adalah tunggangan harian saya, tarikan mesin yang saya maksud adalah dalam kerangka penggunaan harian [saya tidak tahu bedanya apabila digunakan di lintasan balap]. Atau mungkin saya belum menemukan settingan yang pas saja, masih harus belajar lagi.

Salam Ngubi.

UPDATE 5/27/12 :
Kombinasi spuyer final , main jet 115, pilot jet 17.
Carburetor Joint abal-abal rusak oleh panas mesin dan getaran, terpaksa beli yang asli.

Dearest Wife:
 

Karbu 1:
 
Karbu 2:
 
Modal Belajar:
 

------------------------
Blue P150X, 1980, Mild Modded Engine




Terakhir diubah oleh AB6441DB tanggal 26th May 2012, 06:40, total 6 kali diubah (Reason for editing : update)
Kembali Ke Atas Go down

sosro orange


Jumlah posting : 1072
Join date : 11.08.11
Lokasi : kunciran

PostSubyek: Re: Belajar Karburator Mikuni   22nd May 2012, 00:58

Widih.......mahal yak Bro Ongkos belajarnya.

------------------------
F I R D A U S


NRF : 049
Kembali Ke Atas Go down

irfan


Jumlah posting : 129
Join date : 03.11.11
Lokasi : Klaten

PostSubyek: Re: Belajar Karburator Mikuni   22nd May 2012, 03:27

sip eksperimanya
btw fork depanya mantab bung......
Kembali Ke Atas Go down

AB6441DB


Jumlah posting : 159
Join date : 14.04.12
Age : 33
Lokasi : Yogyakarta

PostSubyek: Re: Belajar Karburator Mikuni   26th May 2012, 06:42

sosro orange wrote:
Widih.......mahal yak Bro Ongkos belajarnya.

iya kakak, gak ngira bakal membegkak jd sgini.

------------------------
Blue P150X, 1980, Mild Modded Engine


Kembali Ke Atas Go down

AB6441DB


Jumlah posting : 159
Join date : 14.04.12
Age : 33
Lokasi : Yogyakarta

PostSubyek: Re: Belajar Karburator Mikuni   26th May 2012, 06:44

irfan wrote:
sip eksperimanya
btw fork depanya mantab bung......

makasi kakak, itu fork ori dipadu suspensi Kayaba..salam ngubiii

------------------------
Blue P150X, 1980, Mild Modded Engine


Kembali Ke Atas Go down

I ♥ Vespa


Jumlah posting : 49
Join date : 25.10.12

PostSubyek: Re: Belajar Karburator Mikuni   25th October 2012, 03:43

sedikit pertanyaan, apakah ada perubahan pada volume tangki bensin bro?
Kembali Ke Atas Go down

Sponsored content



PostSubyek: Re: Belajar Karburator Mikuni   Today at 18:58

Kembali Ke Atas Go down
 

Belajar Karburator Mikuni

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

 Similar topics

-
» Belajar Karburator Mikuni
» FS : Karburator Vespa PX Pinasco (Italy original)
» [ASK] Vespa Karbu Mikuni
» setting karburator
» Info spare parts

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum Vespa Indonesia :: ALL MODEL VESPA PROBLEMATIKA & MODIFIKASI VESPA :: PS & PX Series-