Tunggangan kesayangan saya selalu banjir bensinnya, sudah ganti satu set pelampung baru sampai 3x dalam 2 tahun masih saja kambuh penyakit lamanya. Alhasil saya sekarang mencoba karbu jepangan, mencoba peruntungan untuk mengobati banjir.
Karbu Jepang yang dipilih adalah karbu RX-King yg sudah lazim digunakan. Dipadukan dengan intake manifold buatan Mas Narwan. Website Mas Narwan bisa dilihat di sini >>>NARWAN<<<, jika ada yang tertarik membuat manifold.
Karbu Mikuni ini ternyata sulit juga settingnya, perlu waktu hampir seminggu untuk mendapatkan settingan yang pas [maklum cuma coba-coba, trial and error]. Sampai sekarang pun saya rasa settingannya belum benar-benar pas, walaupun busi sudah kering dan tarikan bawah sudah enak.
Main jet dan pilot jet standar bawaan RX-King [150 dan 22,5] tenyata terlalu besar buat vespa saya. Alhasil campuran bensin yang masuk ke ruang bakar terlalu kaya, dan busi pun tidak mampu membakarnya. Dengan catatan, inlet intake vespa dan pengapian vespa saya masih standar. Main jet saya coba turunkan ke 130, mesin bisa dinyalakan, tetapi memasuki RPM menengah ke atas pengapian mulai kewalahan, mesin pun batuk-batuk.
Settingan spuyer yang saya gunakan saat ini adalah 120, 17. Mesin sudah bisa "teriak" di putaran menengah ke atas, dan busi pun sudah kering. Kekurangan yang masih dirasakan, tarikannya belum se-spontan karbu Del Orto standar, nafas mesin terasa panjang. Tapi mungkin juga itu karena inlet intake dan pengapian yang masih standar.
Overall, saat ini apabila karburator standar saya tidak selalu banjir, maka saya masih akan menggunakan karburator itu. Toh diluar nilai positif karburator Mikuni yang bebas banjir [untuk saat ini], saya belum bisa menemukan nilai lebih lainnya. Tarikan karburator standar masih lebih enak daripada karbu Mikuni. Dengan catatan, motor ini adalah tunggangan harian saya, tarikan mesin yang saya maksud adalah dalam kerangka penggunaan harian [saya tidak tahu bedanya apabila digunakan di lintasan balap]. Atau mungkin saya belum menemukan settingan yang pas saja, masih harus belajar lagi.
Salam Ngubi.
UPDATE 5/27/12 :
Kombinasi spuyer final , main jet 115, pilot jet 17.
Carburetor Joint abal-abal rusak oleh panas mesin dan getaran, terpaksa beli yang asli.
- Dearest Wife:
- Karbu 1:
- Karbu 2:
- Modal Belajar:
- Carburetor Assy RX-King [491.000]
- Narwan Intake Manifold [250.000]
- Reed Valve Assy abal-abal [ 55.000]
- Main Jet 130 [ 46.000]
- Main Jet 120 Daytona [ 42.000]
- Pilot Jet 25 [ 55.000]
- Pilot Jet 20 Daytona [ 42.000]
- Pilot Jet 17 Daytona [ 42.000]
- Kabel Persneling (set) [ 17.000]
- Mur+Baut L Stainless x6 [ 21.000]
- Spark Plug [ 11.000]
- Vacuum Fuel Pump abal-abal [15.000]
- Fuel Hose [5.000]
- Clamp [11.000]
- Cable Tie [5.000]
- Air Filter abal-abal [15.000]
- Carburetor Joint [210.000]
- Memories Within the Vespa [PRICELESS]