Tempat tukar Informasi para Vespamania Indonesia
 
IndeksPortalPendaftaranLogin
Share | 
 

 Mengatasi Vespa Boros Bahan Bakar

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage

wiliscooter


Jumlah posting: 327
Join date: 11.08.11
Age: 40
Lokasi: tangerang

PostSubyek: Mengatasi Vespa Boros Bahan Bakar    16th March 2012, 00:15

Mengatasi Vespa Boros Bahan Bakar
Cara Mengatasi Vespa Boros Bahan Bakar: Vespa Anda boros? Masalah yang paling sering dialami oleh para scooter mania. Namun dari beberapa pengalaman pribadi dan dari beberapa sumber yang pernah baca untuk mengatasi vespa boros bahan bakar ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi agar pemakaian bahan bakar dapat lebih efisien dan di hemat. Adapun syarat-syaratnya antara lain:

1. Kualitas bahan bakar, termasuk ukuran campuran oksigen, oli dan bensin.
2. Api pembakaran yang besar dan stabil, atau biasa dikenal dengan Poin 1
3. Time”ing” atau waktu pertemuan antara bahan bakar dan api pembakaran.
4. Kondisi kebersihan karburator dan settingan karburator
5. Ukuran spuyer

Berikut adalah penjelasan dari syarat-syarat mengatasi vespa boros bahan bakar diatas:

1. Kualiatas bahan bakar yang bagus.

Yang dimaksudkan di sini ada perpaduan yang pas antara bensin, oli dengan oksigen, dimana prosesnya dilaksanakan di karburator.
dalam proses pembakaran membutuhkan campuran udara (oksigen) dengan bahan bakar (bensin).
Perbandingan yang ideal untuk keduanya, kata orang yang ngerti, adalah 14,7 : 1.
Jika terlalu banyak oksigen (udara/angin) dan kurang bensin dalam prosentase gas yang akan dibakar, maka hasil pembakaran tidak maksimal.
Demikian pula terlalu banyak bensin dan kurang oksigen membuat pemakaran juga tidak akan sempurna.
Unutk takaran oli hal ini dapat dilakukan dengan membeli cangkir takaran oli yang banyak dijual di toko spearpart vespa. Namun jika vespa anda sudah dilengkapi dengan pompa oli samping maka itu bukan menjadi masalah.


2. Api pembakaran yang besar dan stabil,
Api pembakaran yang besar dan stabil, sangat diperlukan untuk membakar campuran gas bahan bakar yang bagus,supaya menghasilkan pembakaran yang juga bagus.
Sekalipun cetusan api terjadinya di busi,tetapi di dalamnya melibatkan komponen lainnya, misalnya : tutup kepala busi, kabel busi, koil, platina atau CDI, dan sumber dayanya (spool dan magnet).
Agar api pembakaran bagus (besar dan stabil), maka deretan komponen2 penghasil api tersebut semuanya harus dalam kondisi prima.
Karena dari kondisi yang prima itulah akan dihasilkan api yang bagus, dan api yang bagus itulah yang menunjang adanya pembakaran yang sempurna.

3. Time”ing” atau waktu pertemuan antara bahan bakar dan api pembakaran..

Maksudnya adalah waktu yang tepat untuk terjadinya proses pembakaran.
Yaitu waktu di mana busi meletikkan bunga api dalam kaitannya dengan posisi seher dalam mesin (ruang bakar).
Jika vespa kita memakai CDI, maka untuk sementara point 3 ini bisa diabaikan;
walaupun sebenarnya perkembangan yg sekarang CDI-pun bisa diset untuk mengatur kapan saatnya busi akan memercikkan bunga api.
Jika vespa kita memakai platina, maka setelan waktu pengapian yang bagus ini seringkali kita kenal juga dengan istilah poor & na.
Imho, gabungan ketiga hal di atas inilah yang akan menghasilkan pembakaran yang baik, pembakaran dengan efesiensi dan efektivitas yang maksimal, sehingga dengan sendirinya setiap liter bensin juga akan mencapai daya tempuh maksimalnya.
Mengenai oli samping memang tidak sy masukkan, karena sekalipun oli samping juga akhirnya terbakar, namun sebenarnya tidak berhubungan langsung dengan “sistem pembakaran” itu sendiri.

4. Kondisi kebersihan karburator dan settingan karburator

Kita tahu bahwa dalam proses pembakaran membutuhkan campuran udara (oksigen) dengan bahan bakar (bensin).
Campuran dengan komposisi yang tepat akan menghasilkan pembakaran yang sempurna, dan gas buangnya juga relatif bersih.
Komposisi campuran udara dan bensin tsb acapkali disebut dengan AFR (Air Fuel Ratio).
Nah, yang sulit adalah bagaiamana menyetting karburator supaya menghasilkan AFR 14,7.
Dan rupa2nya teknologi karburator emang sudah mentok;
mau disetting bagaimanapun juga tidak mungkin menghasilkan AFR yang selalu sempurna.
Namun masalah itu dapat sedikit tertolong dengan cara:
- Pelihara kebersihan karburator, termasuk kebersihan saringan udaranya.
- Paking dari karburator ke mesin jangan ada yang bocor, demikian pula seal setelan angin.

5. Ukuran spuyer

Pakai spuyer standar.
Atau kalo kondisi mesin/karburator sudah tidak standar, diujicobakan memakai spuyer yang paling sesuai (dan otomatis mendekati AFR yang seharusnya dibutuhkan).
Di beberapa thread, sy baca bagaimana para senior sudah membagi-bagikan ilmu dunia per-spuyeran-ini.
- Setting setelan angin semaksimal yang kita bisa untu mendapatkan AFR yang seharusnya.
Caranya nyetting setelan angin kurang lebih sbb :
Mesin dalam kondisi tidak dingin, jadi bukan dalam kondisi baru dinyalakan pada pagi hari.
Setelan langsam (yg putarannya di atas karbu) diperbesar sampai agak besar.
Setelan angin diputar ke kanan poll sampai menutup, kemudian dibuka diputar ke kiri satu setengah putaran.
Mesin dihidupkan, setelan angin diputar ke kanan dan/atau ke kiri sampai mendapatkan suara termaknyus (ada yg menyebutnya dengan suara terbesar, ada juga yg menyebutnya dengan suara paling nyaring, atau melengking).
Posisi tsb adalah posisi ter-ideal, dan masih bisa ditambah ke kanan atau ke kiri sedikit sesuai dengan selera.
Setelah tercapai kondisi tsb, setelan langsam di kembalikan ke posisi semula.
Langsam distel sekecil mungkin sehingga waktu masuk gigi 1 tidak menyentak, tetapi sekaligus juga jangan terlalu kecil sehingga langsamnya jangan gampang mati.

demikianlah tips mengatasi vespa boros bahan bakar. Tetap semangat, tetap jaga jiwa persaudaraan dan STOP...!! JUAL VESPA KE LUAR NEGERI....
Kembali Ke Atas Go down
http://kunciranindependentscooter.blogspot.com

Ocy


Jumlah posting: 949
Join date: 27.07.11
Lokasi: Medan

PostSubyek: Re: Mengatasi Vespa Boros Bahan Bakar    16th March 2012, 00:24

Mantaps Om Wili....

------------------------
[NRF : 008]
+628566366899


"Membaca adalah memahami apa yang tertulis, memahami adalah membaca apa yang tak tertulis"
Kembali Ke Atas Go down

ne0_12000


Jumlah posting: 116
Join date: 01.01.12

PostSubyek: Re: Mengatasi Vespa Boros Bahan Bakar    16th March 2012, 02:35

wiliscooter wrote:
Mengatasi Vespa Boros Bahan Bakar

Setelan langsam (yg putarannya di atas karbu) diperbesar sampai agak besar.
Setelan angin diputar ke kanan poll sampai menutup, kemudian dibuka diputar ke kiri satu setengah putaran.
Mesin dihidupkan, setelan angin diputar ke kanan dan/atau ke kiri sampai mendapatkan suara termaknyus (ada yg menyebutnya dengan suara terbesar, ada juga yg menyebutnya dengan suara paling nyaring, atau melengking).
Posisi tsb adalah posisi ter-ideal, dan masih bisa ditambah ke kanan atau ke kiri sedikit sesuai dengan selera.
Setelah tercapai kondisi tsb, setelan langsam di kembalikan ke posisi semula.
Langsam distel sekecil mungkin sehingga waktu masuk gigi 1 tidak menyentak, tetapi sekaligus juga jangan terlalu kecil sehingga langsamnya jangan gampang mati.


sewaktu sy setting angin seperti d atas,sewaktu gas d pelintir secara mendadak,ada waktu spersekian detik lalu suara mesin besar,jadi tidak langsung gitu,wkt itu putaran angin yg dapat suara paling melengking 1,5 putaran.

kemudian saya kasih putaran angin 2,5 putaran,memang sih suara tidak melengking tp begitu gas d buka seraca mendadak,suara mesin pun langsung teriak

apa ada masalah dengan vespa sy????
vespa sy exclusive2 96
b1=150 b2=be3 b3=105
42/140
piston 4M

------------------------
godersi la vita con la Vespa
Kembali Ke Atas Go down

koenig blues


Jumlah posting: 714
Join date: 11.09.11

PostSubyek: Re: Mengatasi Vespa Boros Bahan Bakar    16th March 2012, 02:45

20-20 tidak begitu setelannya, itu terlalu mencekik jadi tenaga terasa telat karena terlalu boros bensin dibanding udara

160-be3-105
48/160

------------------------

Quote :


The whole MOD / Rocker thing has been done and died 40+ years ago. Anybody MODding it up now is just playing dress-up and either re-living their youth or trying to live some other generations youth.
Not that it's a bad thing but there is no real MOD movement these days. Just nostaligia for a byegone era.

I would completely agree with that. I see groups of mods from time to time. I must say that I am often impressed by what they do with their scooters and by some of the clothes they wear , but I also hope that it's just a week-end thing for them. those days are in the past. Forty years in the past.

For the record, I am not a mod :D
Kembali Ke Atas Go down

amifahmi


Jumlah posting: 843
Join date: 20.01.12
Age: 37
Lokasi: banjarmasin

PostSubyek: Re: Mengatasi Vespa Boros Bahan Bakar    16th March 2012, 14:09

limayan buat nambah pengetahuan.siapa tau gak skrg ntar kepake ilmunya.yg penting baca dulu,berguna atau tidak urusan belakang.gak punya kita sendiri,mungkin punya teman pas lagi turing !
Kembali Ke Atas Go down

ne0_12000


Jumlah posting: 116
Join date: 01.01.12

PostSubyek: Re: Mengatasi Vespa Boros Bahan Bakar    17th March 2012, 02:50

koenig blues wrote:
20-20 tidak begitu setelannya, itu terlalu mencekik jadi tenaga terasa telat karena terlalu boros bensin dibanding udara

160-be3-105
48/160

akan sy coba jettingx,trus putaran anginx brp om???

------------------------
godersi la vita con la Vespa
Kembali Ke Atas Go down

koenig blues


Jumlah posting: 714
Join date: 11.09.11

PostSubyek: Re: Mengatasi Vespa Boros Bahan Bakar    19th March 2012, 01:02

dell orto 1,5 putaran

------------------------

Quote :


The whole MOD / Rocker thing has been done and died 40+ years ago. Anybody MODding it up now is just playing dress-up and either re-living their youth or trying to live some other generations youth.
Not that it's a bad thing but there is no real MOD movement these days. Just nostaligia for a byegone era.

I would completely agree with that. I see groups of mods from time to time. I must say that I am often impressed by what they do with their scooters and by some of the clothes they wear , but I also hope that it's just a week-end thing for them. those days are in the past. Forty years in the past.

For the record, I am not a mod :D
Kembali Ke Atas Go down

ne0_12000


Jumlah posting: 116
Join date: 01.01.12

PostSubyek: Re: Mengatasi Vespa Boros Bahan Bakar    19th March 2012, 04:05

koenig blues wrote:
dell orto 1,5 putaran
walaupun udah pake piston 4M???ok deh,thanks masukannya om kb

------------------------
godersi la vita con la Vespa
Kembali Ke Atas Go down

ne0_12000


Jumlah posting: 116
Join date: 01.01.12

PostSubyek: Re: Mengatasi Vespa Boros Bahan Bakar    5th April 2012, 10:08


apa klo warna busi seperti ini sdh bisa d katakan bagus,maaf gambarx jelek
klo emang udah bagus,makasih banyak buat bang KB atas sarannya

------------------------
godersi la vita con la Vespa
Kembali Ke Atas Go down

Tamu
Tamu


PostSubyek: Re: Mengatasi Vespa Boros Bahan Bakar    5th April 2012, 22:02

asal mesinnya mengkilap, passti irit, huakakakakaka


Kembali Ke Atas Go down

koenig blues


Jumlah posting: 714
Join date: 11.09.11

PostSubyek: Re: Mengatasi Vespa Boros Bahan Bakar    9th April 2012, 01:39

ne0_12000 wrote:

apa klo warna busi seperti ini sdh bisa d katakan bagus,maaf gambarx jelek
klo emang udah bagus,makasih banyak buat bang KB atas sarannya
sudah bagus sekali ;)

------------------------

Quote :


The whole MOD / Rocker thing has been done and died 40+ years ago. Anybody MODding it up now is just playing dress-up and either re-living their youth or trying to live some other generations youth.
Not that it's a bad thing but there is no real MOD movement these days. Just nostaligia for a byegone era.

I would completely agree with that. I see groups of mods from time to time. I must say that I am often impressed by what they do with their scooters and by some of the clothes they wear , but I also hope that it's just a week-end thing for them. those days are in the past. Forty years in the past.

For the record, I am not a mod :D
Kembali Ke Atas Go down
 

Mengatasi Vespa Boros Bahan Bakar

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

 Similar topics

-
» Bursa VESPA
» Bagaimana bunyi suara knalpot vespa anda
» Artikel acuan tentang Oktan untuk bahan bakar vespa anda
» Vespa dengan bahan baja ringan ITALY limited edition
» vespa boros

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum Vespa Indonesia ::  :: -